MASALAH

Malam ini kembali terulang, saat dimana gue kembali anemia insomnia.

Sebenernya gak bisa disebut insomnia juga si soalnya kalo insomnia itu kan gak bisa tidur sama sekali dengan mata melek bulet kaya bola pingpong. Nah kalo penyakit gue ini insomnia versi terbaru men, gue kalo malem gak bisa tidur karena siangnya.... ngebo.. hahaha.. :D
Oke skip tentang insomnia.
Dan kali ini gue lagi pusing banget men! Pusing dengan semua kehidupan gue akhir-akhir ini. Rasanya gue lagi kelilit oleh  banyak problema kehidupan.
Jiahhh, bahasanya..
Lempar upil!!

Gue udah sampe pada titik jenuh dengan apa yang disebut hidup. Gue cape hidup. Gue benci dengan hidup gue yang sekarang. Terlalu banyak MASALAH yang harus gue hadepin dalam kehidupan gue. Rasanya gue pengin mati ajaahhh..

Oke pernyataan yang terakhir agak sedikit lebay, terlalu dramatis lah kalo gue sampe mati. Kasihan ntar readers pada nangis semua. Hahaha
HOAAAAAAXXX
Kembali ke masalah. Masalah apa si yang bikin gue jadi stress begini??

Gue juga bingung masalah apa aja yang udah bersarang dan berkembang biak di otak gue. Terlalu banyak dan terlalu panjang buat gue jelasin satu per satu di sini. Yang jelas masalah-masalah yang gue adepin sekarang ini udah sukses bikin gue komplikasi. Loh?
Padahal ya, kalo gue flash back lagi ke kehidupan gue 10 tahun yang lalu, dimana gue masih imut banget gue tuh sama sekali gak ada masalah sama hidup.
Gue berfikir pendek, enakan jadi bocah. Gak pernah mikir, seenaknya sendiri, main tinggal main, makan tinggal makan, sekolah ya sekolah, ga pusing mikir PR, tugas, proposal, KTI, laporan, dan bla bla bla. Enak banget!!
But, itu semua salah men! Itu pandangan gue tentang kehidupan anak-anak saat usia gue udah 17 tahun.
Waktu gue masih bocah gue sering nangis, itu tandanya gue juga punya masalah saat gue masih kecil. Dulu mungkin masalah yang gue adepin masih masalah kecil dan masalah-masalah konyol macam musuhan sama temen, diusilin temen, diejek temen, tapi itu pendapat gue yang sekarang, beda dengan pandangan anak usia 7 tahun dengan problema yang sama.
Masalah kaya diusilin temen, dimusuhin temen itu bakal jadi masalah yang gede buat anak usia 7 tahun, kenafah? Soalnya di usia itu seorang anak masih sangat bergantung pada temen, masih seneng main bareng, jonjanglah, gobak sodoran lah, krewengan lah. Jadi mereka takut kalo dimusuhin temen, mereka takut gak punya temen. Itu masalah gede buat anak usia 7 tahun. Tapi dengan masalah yang sama akan beda cerita dengan anak 17 tahun, anak seumuran gue mah bodo amat mau dimusuhin sama seorang temen. Toh temen juga bukan cuma orang yang musuhin kita kan. Masih banyak temen di luar sana, masih ada jejaring sosial macam facebook, twitter, kaskus, friendster, de el el bahkan laptop pun bisa dijadiin temen karib sama anak usia 17 tahun, so dimusuhin seseorang bukan perkara gede lagi bagi gue.
Dari ocehan gue di atas, lo udah ngerti kan maksud gue?
Yap, jadi gini maksud gue.
Masalah yang lo adepin sekarang itu akan berlalu seiring jalannya waktu men. Sama halnya masalah yang lo adepin 3, 5, 7, 10 tahun yang lalu akhirnya cuma bisa lo ketawain kan. “Kenapa gue dulu ribet banget sama masalah sepele kaya gitu?” pertanyaan itu bakal jadi pertanyaan lo sekarang kalo lo inget masalah-masalah lo jaman dulu. Dan masalah yang kita adepin sekarang akan menjadi konyol saat lo udah lebih tua dari masalah itu.
Tapi kebanyakan orang yang punya masalah berat, pada lari dari masalahnya. Contoh, seseorang yang kuliah di bidang arsitektur selama 3 semester ngerasa gak cocok dengan apa yang udah dijalaninnya, dan dia memilih buat ganti jurusan ke bidang teknik sipil misalnya. Itu pilihan yang sangat sangat salah men!!
Lo ga tau kan apa yang bakal terjadi kalo lo pindah jurusan, bisa jadi lo lebih ngerasa gak cocok di jurusan yang baru, lo juga harus ngulang dari semester awal, itu bakalan bikin masalah yang baru lagi buat lo.
So, Jangan pernah lari dari masalah!! Karena itu semua percuma, sejauh apapun lo lari itu gak bakal nyelesein masalah justru memungkinkan timbulnya masalah yang baru.
Adepin aja masalah lo kaya air yang mengalir. Masalah itu harus lo hadapi, hayati, renungi. Anggep aja masalah adalah bumbu kehidupan, istilah lainnya ya masakonya sop deh.
Kalo kata temen gue si “lo gak bakal nemuin arti kebahagian selama lo belum pernah ngalamin masalah” dan gue sendiri bilang “Aku tidak terlalu peduli dengan apa yang disebut kebahagiaan, terkadang hidup dengan masalah akan lebih menantang
Intinya suatu masalah suatu saat bakal bikin lo bahagia. Jadi gak usah lah cari-cari kebahagiaan, buat apa. Kebahagiaan yang bakal ngikutin elo selama lo masih mau buat BERSYUKUR.
Dan terakhir inget kalo perlu catet!
“Allah tidak pernah memberi cobaan melampaui batas kemampuan makhluknya, yang dibutuhkan oleh seorang makhluk ciptaan Tuhan dalam menghadapi cobaan/masalah/rintangan dalam kehidupan adalah SABAR dan senantiasa untuk BERDOA kepada Allah”
Semoga yang baca postingan gue ini termasuk dalam golongan orang-orang yang bersyukur. Aamiin....


#Dandan dulu biar necis. Ciiiiiiisssssss (^_^)v

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flash Back

21 April 1959 – 10 November 2013

Selo, Surganya Sabana