Akhirnya at 3428 mdpl

Pendakian pertama gue ke Gunung Slamet...
Gunung Slamet

Gue ke Gunung Slamet bukan dalam rangka apa-apa, gue pengin maen aja ke Gunung yang selama ini cuma bisa gue liat dari rumah.
APA KATA DUNIA???? Kalo selama 17 tahun gue tinggal di kakinya gak pernah sampe kepalanya.
Akhirnya penantian panjang pun terbayar pada hari Jumat, 24 Mei 2013.
Gue bersama ke-11 temen-temen gue (Upeh, Babeh, Yoga, Reza, Cipul, Uwa, Jupi, Bongsor, Alay, Cindy, Singgih) berangkat dari kos temen yang ga jauh dari SMA jam 14.45 dan gue sampe pos bambangan jam 15.45 . Perjalanan sejauh itu lancar. Lalu registrasi dengan bayar uang 5 ribu sama shalat di masjid setempat sampe jam 16.55.
Abis itu, capcuslah kita dari gerbang menuju pos II target kita buat nge-camp.
Gue yang emang cuma latihan fisik sekali bisa dibilang nekat baget naik ke Slamet. Perlu lo tau, Gunung Slamet itu Gunung tertinggi di Jawa Tengah dan Gunung tertinggi ke-2 di Jawa dengan ketinggian 3428 mdpl setelah Gunung Semeru. Jadilah gue cengep-cengep padahal belum sampe pos I. Gue minta berhenti abis lapangan.
Hah?? Lapangan??
Iya lapangan, jadi sebelum pos I Slamet itu ada lapangan yang luasnya hampir seluas lapangan bola. Gue juga bingung, kenapa di gunung bisa ada lapangan. Tapi itu emang nyata ada loh. Lo bisa liat di google kalo ga percaya. Hehe :p
Abis adzan maghrib, kita lanjutin perjalanan, akhirnya dalam waktu sekitar 15 menit dari tempat berhenti sejenak kita sampe di pos I (Gemirung). Gue langsung duduk di sebelah Mei yang tadi udah nyampe duluan. Di pos I kita istirahat cuma 10 menit karena kita ga mau dapet perjalanan malem yang terlalu lama. Dan salah satu kelemahan gue itu ya di perjalanan malam. Entah kenapa kalo perjalanan malam, gue rasanya lebih berat daripada jalan siang. Dan ahirnya broh tepat pukul 20.10 gue sampe pos II (Walang).
Bikin dum

Anak cowo langsung bikin dum buat kita ngecamp, sedang yang cewe bikin kopi buat ngangetin badan. Setelah dum selese, kita makan, ngopi dan shalat akhirnya kita pun bobo jam 22.00. Semaleman gue sebenernya gak bisa bobo, gue yang biasa tidur di ranjang gue yang empuk sekarang kudu rela beruseluselan ria dengan ke enam temen gue di dum mana dingin banget malem itu. Tapi gue kudu tidur biar besok fit lagi dan bisa ngelanjutin perjalanan.
Akhirnya gue pun bobo nyenyak dan kebangun jam 05.00 tapi dasar masih dingin jadinya gue males keluar dum, alhasil gue baru keluar jam 05.45. Telatt abisss. Gue keluar dan liat dum gue ambruk dengan bentuk yang ga karuan. Gue ngakak liatnya, sayang banget dum ambruk itu ga sempet didokumentasiin. Lalu kita masak bareng, dengan lauk tahu goreng + lontong yang dibeli Upeh kemarin siang, tapi itu lontong belum bau loh. Gue makan cukup nikmat karena gue makan bareng temen-temen tercinta gue di Gunung!
Suasana sarapan pagi

Abis makan kita packing dan cus lanjut ndaki dengan target pos VII. Karena emang latihan fisik yang cuma sekali dan sama sekali ga kanggo, jadilah kita ndaki lelet abis. Yang normalnya bisa dicapai dalam waktu 50 menit buat sampe pos III (Cemara), kita makan waktu 1 jam 20 menit.

Lalu kita lanjut ke pos IV (Samarantu) nyampe sana jam 09.30 atau kurang lebih 30 menit dari pos 3. Nyampe pos IV rasanya gue pengin cepet-cepet pergi dari situ. Gue ga nyaman aja sama tempatnya apalagi mitos yang bilang kalo tempat itu sarangnya hantu-hantu di Slamet. Lo boleh percaya boleh engga. Kalo gue si mending diem aja ngehormatin mitos yang udah ada di sana.

Perjalanan berlanjut dengan cerita-cerita di jalan dengan gurauan-gurauan buat memecah keheningan dan gak kerasa cuma 30 menit kita nyampe di pos V. Huwahhh gue liat ke belakang ternyata gue udah cukup tinggi, tapi gue gak boleh terlena dan setelah 10 menit istirahat gue langsung cus ke pos VI.
Baru sampe pos 5

Sampe pos VI dalam waktu 30 menit kita cuma ambil nafas yang panjang dan langsung berangkat lagi menuju pos VII target nge camp kita yang ke2 dan 35 menit kemudian atau tepatnya pukul 11.20 gue berhasil sampe pos VII (Samyang Jampang).
Makan siang di Pos VII

Di sana udah ada yang nyampe duluan kaya si Singgih, Uwa, sama Reza. Nyampe pos VII ini adalah akhir dari pendakian gue hari ke-2. Cukup melelahkan tapi bener-bener seneng. Asli seneng!! Dari pos VII pemandangan tuh bagus banget, gue bisa liat bukit Malang di bawah. Jadi, perlu lo tau manjat Slamet itu sama aja manjat 2 gunung, dan bukit Malang itulah gunung yang udah gue lewatin tadi. Dum udah didirin pertanda kalo kita udah nguasain pos VII dan mau ngecamp di situ. Siangnya gue lewatin dengan makan siang pake mie Sedap + lontong, dan dilanjut boci di dum. Sorenya banyak banget pendaki lain yang dateng dan berniat ngecamp juga di pos VII, nah ini nih nasib kesialan dateng. Kita yang udah ngeclaim pos VII jadi tempat camp kita akhirnya direbut paksa secara halus sama pendaki lain. Tapi ya kita kudu ngalah, karena kita bisa dibilang pendaki termuda dibanding pendaki lain yang udah pada berumur.
Cuaca sore itu mendung banget, dan sudah bisa dipastikan bakalan turun ujan. Dan ternyata bener, di luar datanglah ujan yang lumayan gede. Untungnya kita udah bikin 1 dum di dalem pos VII. Gue yang lagi ngebo di dalem dum kebangun gegara anak-anak cowo tiba-tiba masuk dum. Dan ternyata lahan sebelah yang tadinya udah kita claim direbut dan anak-anak diusir secara halus oleh mereka. Walhasil, dum yang normalnya diisi sama 5-6 orang, lalu tiba-tiba full dengan 12 orang di dalamnya. Gue duduk dengan kaki nekuk di sebelah Singgih sama Cindy. Kita duduk ngelingker kepanasan di dalem dum. Hawa yang tadinya dingin berubah jadi panas pasca kita usel-uselan di dum.
Usel-uselan dalam dum

Senja itu kita lewatin dengan bergalauria dan bergajeria. Namanya juga anak SMA obrolannya gak akan jauh-jauh tentang Cinta. Beberapa dari kita curhat tentang cinta, tentang pdkt, bahkan sampe ada obrolan tentang taaruf segala. Konyol abis obrolan malem itu, Singgih yang dari tadi diejekin mulu gegara smsan sama Fidloh (temen kelasnya) jadi perbincangan yang panas malam itu. Tapi si Singgih tetep keukeuh ga crita. Obrolan malam itupun berahir jam 9 malem dengan kesimpulan yang gaje pula. Mata kita yang udah keyip-keyip mengindikatorkan kalo kita harus segera bobo supaya besok fit lagi. Ujan di luar belum juga berhenti, kita galau masa kita harus tidur ber-12 dalam 1 dum kapasitas 6 orang? Walhasil anak-anak cowo lah yang kembali berkorban harus buat dum di tengah ujan deras yang mengguyur pos VII malam itu. Setelah berhasil buat dum akhirnya kita dapat bobo dengan tenang. Hawa malem itu yang tadinya panas berubah jadi dingin setelah sebagian keluar dum. Gue ngusel ke sebelahnya Cindy, yang punya badan tebel yang bisa gue jadiin selimut. Sialnya malem itu SB gue malah keujanen di luar dum gegara tadi di pinjem sama pendaki lain. Jadilah gue kedinginen malam itu karena ga pake SB ataupun jaket ditambah dum yang gue tempatin bocor seketika. Gue ga bisa tidur selama sejam karena kebocoran dan kedinginan, gue tiba-tiba mikir gimana keadaan yang di luar? Haaahh tapi gue kudu bobo cepet. Gue paksa ni mata supaya merem. Akhirnya gue pun bisa bobo nyenyak walaupun kedinginan.
Tadinya kita mau muncak jam 3, dan gue udah masanag alarm jam 2. Tapi karena cuaca belum juga baik kepaksanya gue baru keluar tenda jam 4 pagi. Jam 04.00 sampe jam 05.45 kita sarapan sama packing persiapan muncak. Setelah selese siap-siap kita pun cus menuju ke puncak Slamet!!! Go! Go! Goooo!!!
Pos VIII (Kendit) kita lewatin dengan cepat, perjalanan lanjut ke pos IX (Palawangan). Di Palawangan ini pemandangan baguuuusss banget!!! Kita berhenti buat istirahat dan menikmati pemandangan sejenak sebelum bener-bener ndaki! Setelah istirahat, kita lanjut ndaki.
Palawangan pagi hari

Tanah Merah, perjalanan terakhir menuju ke puncak inilah yang gue rasa paling berat. Kita dituntut waspada, fokus, dan bijak dalam memilih pijakan. Karena di tanah merah ini cuma ada tanah berpasir, kerikil, batu-batu labil, dan batu-batu besar. Ga ada pohon buat pegangan. Kita kudu pinter nyari jalur sama pijakan di tanah merah ini. Ini pendakian terlama yang gue alamin dari hari pertama, karena emang susah. Beberapa kali gue tergelincir karena kerikil-kerikil yang licin atau karena gue salah ambil pijakan yang ternyata pijakan gue itu batu labil. Kita yang cewe-cewe bahu membahu buat sampe puncak. Entah kenapa gue ambisi banget dalam pendakian pertama gue ke Slamet buat gapai itu puncak. Kalo pun sekarang fisik gue udah ga terlalu kuat, tapi mental gue InsyaAllah masih kuat, dan gue percaya kalo gue bakal sampe ke Puncak Slamet.
Susah banget di Tanah Merah

Finallyyyyy......... Akhirnya gue pijak juga puncak Slamet tepat pukul 07.20 WIB. Gue seneeeenggg banget!!!! Gue speechless liat pemandangan di bawah gue yang luar biasaaaaaa. Gue ga nayangka gue berhasil ngelewatin hutan Malang yang lebat, ngelewati 2 malam yang dinginnya sampe nusuk tulang, gue berhasil ngelewatin Tanah Merah yang wooww sekali, dan sekarang gue, FAIDAH UMU SOFUROH udah berdiri di puncak tertinggi di Jawa Tengah. Puncak Slamet 3428 mdpl.
Gue, di bibir kawah Puncak Slamet
Gue, di triangulasi bibir kawah

Di sana gue habisin dengan menikmati keagungan ciptaan Tuhan gue Allah SWT, dan tentunya foto-foto sama bikin video. Gue menuju bibir kawah dan foto-foto di sana. Luar biasa apa yang udah Tuhan ciptakan. Gue bangga banget tinggal di Indonesia dengan pemandangan alam yang indahh banget. Di sana gue bisa tersenyum tulus buat mereka temen-temen gue Babeh (Mei), Yoga, Jupi (Yufi), Bongsor (Lita), Upeh (Ulfa), Uwa (Prima), Reza, Singgih, Cindy, Alay (Tiar), Cipul (Syifa). Kalian temen terbaik gue dalam pendakian. Thanks for you :* kecup deh buat kalian. hihihi...
 Babeh, Alay, Jupi, Bongsor, Cindy
Yoga, Upeh, Singgih, Cipul, Gue (Umu), Reza, Uwa

Setelah puas, pukul 08.30 kita pun kudu turun. Ya masa kita mau nginep di puncak si? Ga mungkin banget. 
Ternyata turun pun ga mudah. 

Bahkan turun kudu lebih ati-ati lagi. Di Tanah Merah emang nasibnya gue kudu kepleset berkali-kali, dan gue cuma berharap gue ga kesleo di sini. Gue pun sampe pos VII jam 10.05 lalu cus packing biar ga kesorean. Setelah bongkar dum dan packing, kita turun jam 11.15 dari pos VII. Perjalanan turun dari pos VII sampe pos II cukup menyenangkan dan cukup cepet karena gue turun sedikit mblandang yang ternyata asik abis. Dalam waktu 1 jam 20 menit gue pun nyampe di pos 2. Gue seneng banget bisa cepet nyampe pos II. Tapi setelah pos II, hujan kembali datang, dan pasti jalur jadi licin. Temen-temen yang pada takut kepleset akhirnya jalan pelan banget ditambah Cindy yang tiba-tiba sakit masuk angin, walhasil gue yang ada di posisi belakang kudu sabar dan baru bisa sampe base camp jam 17.05. Sampe basecamp gue udah kepingin banget balik ke rumah, inget besok gue kudu sekolah. Setelah ambil motor akhirnya kita pulang dan sampe kos jam 18.30. Di kos istirahat sejenak dan gue baru sampe home sweet home jam 07.00.

Flash back dari cerita gue tadi, gue ambil kesimpulan :
1.      Kalo mau melaksanakan pendakian lo kudu latihan fisik dulu minimal 3 kali lah, tergantung gunung apa juga yang mau lo daki si..
2.     Lo kudu tau kondisi alam gunung yang mau lo daki, supaya di sana lo ga kaget, dan bisa jaga-jaga kalo ada masalah.
3.     Persiapan kudu mateng, dari segi logistik, fisik, dan mental.
4.     Pamitan sama orang tua.
5.     Ibadah jangan lupa, jangan kaya gue ya.. hihihi..
6.     Temen adalah kunci keberhasilan setelah diri lo sendiri, tapi jangan terlalu menggantungkan nyawa lo ke temen lo.
7.     Jaga kesehatan, istirahat cukup, supaya di sana ga sakit.
8.     Tetep fokus, fokus, dan fokus.

Inilah akhir cerita gue. Sekilas cerita dari masa-masa remaja gue. Masa-masa muda yang berwarna, yang gak bakal bisa gue lupain sampe gue tua nanti.
Sebercak kenangan indah dalam perjalanan gue di salah satu bagian dari negara Indonesia yang sangat gue cinta ini gak akan pernah sirna dari benak gue, perjalanan yang gue lalui buat melihat dan menikmati setiap momen dari ciptaan-Nya. Kenangan indah bersama teman, sahabat, yang udah gue anggap saudara gue sendiri ga akan pernah gue lupa.
Thanks to Allah, Mom, and you My Friends. :*

Kamu sangat berarti, istimewa di hati
Slamanya rasa ini
Jika tua nanti kita tlah hidup masing-masing
Ingatlah hari ini
(Ingatlah Hari Ini –Project Pop-)


#Dandan dulu biar necis. Ciiiiiiisssssss (^_^)v

Komentar

PBG-Security Down mengatakan…
WOW keren kali MBAK....
Pengin jadinya :v
PBG-Security Down mengatakan…
WOW.. Keren Tanteh...
Jadi kepengin naik G.Slamet juga :
by : a.k.a N03R
Unknown mengatakan…
wakakak... makasihh ommm... =D
Unknown mengatakan…
ane ketagihan kepengen manjat lagi jg jadinya omm... hihihihi XD

Postingan populer dari blog ini

Flash Back

21 April 1959 – 10 November 2013

Selo, Surganya Sabana